PPDB SMP Al Musyaffa’ on the Track

WhatsApp-Image-20160613Kampir (22/06/2016). Pelaksanaan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) SMP Al Musyaffa’ Kendal memasuki hari-hari terakhir. Menurut Database PPDB Online SMP Al Musyaffa’ hingga detik ini terpantau pendaftar putra sejumlah 128 anak dan putri 115 anak. Sedangkan pendaftar yang diterima secara berturut-turut putra dan putri adalah 105 anak dan 106 anak. Ini mengakibatkan 23 anak pendaftar putra dan 9 anak pendaftar putri harus tereliminasi dalam persaingan PPDB tahun ajaran tahun ini (lihat juga : http://psb.smpalmusyaffa.sch.id/index.php/publicc/rekap?view=report).

Menurut Kepala SMP Al Musyaffa’, Khoirur Roziqin, S.Sy, tingginya tingkat ketidaklolosan anak pada tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu, dikarenakan beberapa hal diantaranya adalah 5 tes seleksi yang berlakukan begitu ketat. Kelima tes itu yakni: (1) Tes Akademik, yang mengharuskan anak berkutat dengan soal-soal mapel UN; (2) Tes Agama, meliputi tes baca qur’an, menulis arab, praktik sholat dan sebagainya; (3) Tes Wawancara; (4) Tes Kesehatan; dan (5) Tes Nilai Raport dan minat-bakat untuk mengetahui kemampuan lebih anak di bidang Non-akademik. Selain itu, pada saat pendaftaran berkas-berkas persyaratan juga harus dilengkapi, termasuk fotokopi raport dari kelas I-VI. Beberapa pendaftar harus rela menunda pendaftaran, atau bahkan proses pengumuman kelolosan ditunda, disebabkan tidak membawa raport.

Pada tahun ini, ditargetkan sebanyak 280 peserta didik yang diterima di bangku kelas VII. Dengan porsi untuk kelas putra sebanyak 160 anak dan kelas putri 120 anak. Meskipun target dari panitia PPDB cukup banyak, namun dalam prosesnya tetap berdasarkan hasil tes seleksi yang dilalui anak. Masih ada kuota bagi pendaftar putra sebanyak 55 bangku dan pendaftar putri ada 14 bangku.

Menjelang penutupan PPDB pada Sabtu, 25 Juni 2016 pukul 14.00 WIB, Kepala SMP Al Musyaffa’ sekaligus ketua panitia PPDB, menyarankan agar bagi calon pendaftar melengkapi administrasi pendaftaran seperti: (1) Fotokopi KK; (2) Fotokopi Akte Kelahiran; (3) Fotokopi Raport dari kelas I-VI; masing-masing sebanyak satu lembar serta (4) Pas Foto Hitam Putih sebanyak 4 lembar (baca juga: http://smpalmusyaffa.sch.id/penerimaan-santri-baru-20162017.html) . Selain itu, diharapkan untuk menyiapkan mental dan bekal pengetahuan terkait dengan tes seleksi yang diberlakukan. (EmHa)

 

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *