fadhilah shalat dhuha

Ikhtiar dan Doa

Sebagai lembaga pendidikan yang berbasis pondok pesantren, SMP Al Musyaffa menerapkan program shalat dhuha bagi para guru dan santri.
Kegiatan ini dilakukan setiap pagi hari. Hal ini bertujuan agar mereka memiliki pembiasan yang positif ketika mereka berada di rumah. Selain itu, shalat dhuha juga memiliki beberapa fadhilah. Adapun diantara fadhilah shalat dhuha yaitu:

1. Mengikuti sunnah rosul.
Sebagaimana hadits yang telah diriwayatkan oleh sahabat Abu Hurairoh, beliau berkata :
“Rosulullah SAW kekasihku berwasiat padaku tiga hal, yang pertama puasa tiga hari setiap bulan, kedua lakukan solat dhuha dua rokaat, solat witir sebelum tidur” (HR. Bukhori & Muslim)
2. Melanggengkan rezeki.
Sebagaimana Rosululloh SAW bersabda, “Allah SWT berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau meninggalkan empat rokaat shalat di awal siang (waktu dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (HR. Imam Ahmad)

Pada dasarnya penjelasan hadits di atas, para ulama sepakat bahwa shalat dhuha bukan semata-mata sebagai pintu rezeki. Akan tetapi shalat dhuha merupakan amalan shalih yang mana bahwa amalan shalih merupakan bukti bentuk ketakwaaan hamba kepada sang pencipta. Dan Allah akan mencukupkan kebutuhan hamba-Nya yang bertakwa sebagaimana firman Allah, “Dan barang siapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan kebutuhannya.” (Ath-thalaq:3)

Terlepas dari fadhilah shalat dhuha, pada dasarnya, manusia itu akan mengerjakan suatu kegiatan yang berulang-ulang jika kegiatan tersebut dilakukan berulang-ulang ketika mereka masih usia remaja. Oleh karena itu, pembiasaan yang baik akan melanjutkan perbuatan-perbuatan yang baik juga. Seperti halnya pembiasaan shalat dhuha yang dilaksanakan oleh SMP Al Musyaffa. Harapannya, para santri juga akan melaksanakan shalat dhuha sesibuk apapun mereka kelak.

Meskipun shalat dhuha adalah sesuatu yang mudah dilakukan akan tetapi hal ini sulit diterapkan oleh para remaja. Pun, demikian bagi orang tua. Mereka terkadang sulit untuk mendidik anak-anaknya dalam melatih melaksanakan shalat dhuha. Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk pembiasaan shalat dhuha adalah dengan memondokkan anak-anaknya di pondok pesantren.

#psbsmpalmusyaffa
#pendaftaransantribaru
#smpalmusyaffakendal

Info pendaftaran :

Telp/wa :
085780001111
087880001111
082280001111

Visit :
www.psb.smpalmusyaffa.sch.id

Jadwal pendaftaran :
Gelombang 1 : 3 Januari – 20 Februari 2021
Gelombang 2 : 26 Februari – 10 April 2021

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *